Gaji: Pengertian, Pebandingan dan Cara Mengetahui Gaji yang Sesuai

pengertian gaji

Seorang karyawan gaji (juga dikenal sebagai karyawan bergaji) adalah seorang pekerja yang dibayar sejumlah uang atau kompensasi (juga dikenal sebagai gaji) oleh majikan. Sebagai contoh, seorang karyawan yang digaji dapat memperoleh Rp 50.000.000 / tahun.

Apa Arti Gaji?

Jika Anda seorang karyawan yang dibayar gaji (bukan tarif per jam), Anda akan menerima jumlah kompensasi yang ditetapkan secara mingguan atau kurang sering.

Karyawan yang digaji biasanya dibayar dengan gaji reguler, dua mingguan, atau bulanan.

Gaji Karyawan vs Karyawan Setiap Jam

Ada banyak perbedaan antara karyawan bergaji dan karyawan per jam. Pertama, ketika seorang karyawan yang digaji menerima sejumlah uang tetap, seorang karyawan per jam menerima upah per jam untuk setiap jam kerjanya.

Oleh karena itu, pekerja gaji yang memenuhi kriteria sebagai karyawan yang dikecualikan tidak harus melacak jam mereka seperti yang dilakukan karyawan per jam; misalnya, mereka tidak harus menandatangani kartu absen harian.

Sebagian besar karyawan bergaji dibebaskan tidak menerima upah lembur. Karyawan yang digaji dibayar gajinya terlepas dari berapa jam mereka bekerja selama satu minggu kerja.

Ini berarti bahwa banyak posisi bergaji tinggi tidak menerima upah tambahan, seperti waktu dan setengah untuk bekerja lebih dari 40 jam seminggu.

Namun, beberapa posisi gaji yang lebih rendah masih memenuhi syarat untuk upah lembur, berdasarkan hukum negara bagian dan federal.

Di sisi lain, karyawan per jam biasanya dapat menerima waktu dan setengah dari upah per jam mereka untuk setiap jam kerja lembur.

Beberapa majikan bahkan membayar dua kali lipat untuk liburan, meskipun ini tidak wajib.

Selain itu, sebagian besar karyawan yang digaji dianggap sebagai karyawan yang dikecualikan, sedangkan sebagian besar karyawan per jam dianggap sebagai karyawan yang tidak dikecualikan.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Misalnya, ada beberapa karyawan bebas yang tidak digaji (seperti mereka yang menerima bayaran untuk pekerjaan tertentu, seperti teknisi komputer).

Ada juga beberapa karyawan yang tidak dikecualikan yang digaji, tetapi tugas pekerjaan mereka termasuk dalam definisi yang tidak dikecualikan.

Cara Mengetahui Jika Posisi Gaji Tepat untuk Anda

Jika Anda menghargai keamanan gaji rutin, posisi gaji mungkin ideal untuk Anda. Anda juga mungkin ingin mencari posisi gaji jika Anda menginginkan manfaat yang lebih luas.

Jika status pekerjaan jelas merupakan faktor psikologis penting bagi Anda, maka Anda mungkin lebih suka pekerjaan bergaji.

Namun, jika Anda menghargai pemisahan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga, dan jika Anda tidak menyukai gagasan bekerja lembur tanpa upah tambahan, Anda mungkin lebih suka posisi per jam.

Untuk mengalokasikan gaji Anda secara tepat, sebaiknya Anda mempelajari apa itu Aset.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*