5 Jenis Gelar dan Pendidikan Bidang Akuntansi

gelar dan pendidikan dalam akuntansi

Gelar akuntansi – Jika anda punya ketertarikan khusus dengan angka, detail dan organisasi sebaiknya anda mencoba karir di bidang akuntansi. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa dunia akuntansi bertumbuh dengan cepat, sehingga membutuhkan banyak spesialisasi.

Jika anda ingin meneruskan kemampuan akuntansi anda, ada berbagai macam tingkat pendidikan akuntansi yang bisa membantu mewujudkannya.

Berikut table jenis-jenis program pendidikan akuntansi yang kami rangkum dari akuntansilengkap:

Gelar akuntansiMasa pendidikan
Sertifikat atau Diploma Akuntansi1/2 tahun
Gelar Associate di bidang Akuntansi2 tahun
Gelar Sarjana Akuntansi4 tahun
Gelar Magister Akuntansi1-2 tahun
Gelar MBA Akuntansi1-2 tahun
PHD atau DBA dalam Gelar Akuntansi1-5 tahun

Sertifikat Atau Diploma Dalam Akuntansi

Program sertifikat atau diploma singkat dalam akuntansi adalah tempat di mana banyak profesional akuntansi memulai karir mereka.

Selama kurang lebih 1 tahun dalam pendidikan diploma, anda akan belajar tentang dasar-dasar akuntansi, pembukuan, akun penggajian, atau pekerjaan lainnya.

Kemampuan ini sudah cukup bagi anda yang ingin bekerja sebagai pemegang buku (bookeper) atau juru tulis.

Program sertifikat mungkin lebih pendek, dan hanya membutuhkan tiga atau empat kursus – dasar-dasar yang diperlukan untuk memulai pekerjaan.

Meskipun sertifikat atau diploma pembukuan tidak akan membuat Anda terlalu jauh menuju gelar sarjana, itu ideal bagi orang yang ingin mempelajari dasar-dasar akuntansi, dan mengikuti lisensi dan kredensial seperti ujian Pembukuan Bersertifikat.

Keanggotaan Asosiasi Dalam Akuntansi

Langkah selanjutnya, di luar sertifikat atau diploma, adalah gelar sarjana dalam bidang akuntansi.

Gelar associate ini biasanya ditempuh dalam waktu 2 tahun.

Materi yang di dapat tidak hanya seputar dasar-dasar akuntansi, tetapi juga persyaratan pendidikan umum yang diperlukan untuk menuju ke perguruan tinggi 4 tahun.

Dimana bisa mendapatkan gelar Associate Accounting? Sudah banyak perguruan tinggi dan sekolah-sekolah yang menawarkan gelar ini, dengan harga terjangkau, bahkan menggunakan sistem pembelajaran online.

Lulusan dengan gelar associate, bisa menempati pekerjaan di level pemula seperti pemegang buku laporan keuangan.

Sarjana (Bachelor’s Degree) Dalam Akuntansi

Gelar sarjana seperti S1 diperlukan untuk memulai karir sebagai akuntan publik bersertifikat Certified Public Accountant (CPA).

Pada program sarjana, anda akan mendapatkan pengajaran seperti bidang akuntansi forensic, sistem informasi akuntansi, bisnis, keuangan matematika dan statistik.

Program sarjana biasanya ditempuh dalam waktu 4 tahun.

Master of Business Administration (MBA) DALAM AKUNTANSI

Gelar Master of Business Administration (MBA) adalah tingkat berikutnya dari pendidikan akuntansi.

Banyak dari professional akuntan yang mendapatkan gelar MBA ini.

Gelar MBA biasanya ditempuh dalam waktu 1-2 tahun.

Materi yang didapatkan dari pendidikan ini lebih khusus yaitu seperti akuntansi forensic dan akuntansi perpajakan. Setelah lulus dari pendidikan ini, seorang akuntan dapat dipercaya sebagai spesialis di bidang akuntasi.

Pada praktiknya, gelar dan pendidikan akuntansi apapun bisa menambah pengetahuan bagi seorang akuntan untuk menjadi professional di bidangnya. Tapi dengan pendidikan yang lebih tinggi, ini memungkinkan untuk mencapai kesuksesan yang lebih tinggi.

Phd Atau DBA (Doctor Of Business Administration) Dalam Akuntansi

Program doktor dalam akuntansi adalah pendidikan lanjutan dari MBA. Gelar PhD dan DBA adalah 2 gelar utama dalam akuntansi.

DBA adalah gelar profesional (bukan akademik), artinya gelar ini ditujukan untuk orang yang ingin benar-benar bekerja di lapangan.

DBA akan lebih fokus pada kepemimpinan dan menggunakan pengetahuan dan keahlian akuntansi dalam kapasitas administrasi.

Sedangkan PhD adalah untuk akuntan yang ingin mengajar akuntansi di tingkat perguruan tinggi, atau bekerja dalam penelitian, sehingga akan lebih fokus pada penelitian, penulisan, dan keterampilan mengajar.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*