5 Jenis Kantor Akuntansi dan Pelayanannya

jenis kantor akuntansi

Kantor Akuntansi – Perusahaan akuntansi dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas keuangan penting dalam sebuah bisnis. Perusahaan membutuhkan konsultan akuntansi untuk mentaati aturan dari Prinsip Akuntansi sesuai dengan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles)

Prinsip akuntansi ini mewajibkan perusahaan publik untuk mengajak Kerjasama konsultan akuntansi untuk melakukan audit laporan keuangan pada perusahaan mereka.

Ada beberapa kasus yang membutuhkan konsultan perusahaan akuntansi yang sesuai dengan bidangnya seperti untuk urusan pajak, konsultasi manajemen, merger dan akuisisi, dan akuntansi forensik. Ada juga perusahaan akuntansi yang melayani semua urusan tersebut.

Akuntansi Publik

Kantor akuntan publik biasanya mempekerjakan seorang yang yang memiliki sertifikat sebagai Akuntan Publik Bersertifikat (CPA) yang bekerja di bidang audit, pajak, dan konsultasi manajemen.

Penasihat Bisnis

Karena kemampuannya di bidang analisa data laporan keuangan, perusahaan akuntansi juga dapat bertindak dalam peran konsultasi dan penasihat bisnis.

Dengan memanfaatkan laporan keuangan, perusahaan akuntansi bisa memberikan saran kepada klien mereka di bidang-bidang yang klien tidak punya pengetahuan di dalamnya.

Dengan adanya penasihat bisnis, pemilik bisnis akan mendapatkan perspektif dan wawasan baru untuk keberlangsungan bisnisnya.

Akuntansi Pajak

Perusahaan akuntansi pajak bertugas untuk menyiapkan dan merencanakan semua perhitungan dan hal-hal yang berkaitan dengan pajak untuk semua jenis perusahaan, dan bisa juga untuk perorangan.

Perusahaan akuntansi pajak biasanya mempekerjakan seorang akuntan CPA.

Seorang akuntan pajak harus mengikuti hukum terbaru dari perpajakan saat ini. Oleh karena itu, biasanya perusahaan kantor akuntansi sering mengajukan karyawannya, mengambil kursus pendidikan berkelanjutan untuk mengikuti perubahan undang-undang perpajakan, perangkat lunak akuntansi, dan strategi perencanaan pajak.

Akuntansi Forensik

Kantor akuntansi forensik menggunakan keterampilan akuntansi dan kebijakan hukum untuk mengungkap kegiatan penipuan dan ilegal.

Perusahaan publik dan swasta menyewa perusahaan akuntansi forensik untuk menyelidiki catatan keuangan.

Kadang-kadang akuntan forensik bekerja dengan penegak hukum lokal dan federal.

Ketika seorang majikan atau agen federal mengambil tindakan hukum terhadap individu yang terlibat dalam penipuan perusahaan, pengadilan dapat meminta akuntan forensik untuk bersaksi sebagai saksi ahli.

Dalam kasus-kasus pengadilan, akuntan forensik mungkin perlu menunjukkan bukti penggelapan, pencurian identitas, pencucian uang dan manipulasi harga saham.

Pembukuan

Perusahaan pembukuan menyelesaikan tugas akuntansi mendasar untuk perusahaan kecil dan menengah.

Tidak diperlukan sertifikasi untuk pemegang buku, meskipun mereka dapat meminta sertifikasi. Perusahaan pembukuan biasanya perusahaan kecil dengan hanya beberapa karyawan.

Layanan yang diberikan oleh perusahaan pembukuan meliputi piutang, hutang, rekonsiliasi bank, rekonsiliasi penjualan kredit, persiapan laporan keuangan dan persiapan penulisan laporan akuntansi.

Layanan tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan pembukuan termasuk penggajian, persiapan pajak usaha kecil dan persiapan paket pinjaman.

sumber; https://www.akuntansilengkap.com/

Leave a comment

Your email address will not be published.


*