Mengenal Ekowisata di Indonesia yang Mendunia

Ekowisata di Indonesia

Ekowisata dapat didefinisikan oleh berbagai kegiatan wisata yang bermuara pada seperangkat gagasan umum, yaitu seorang ekowisatawan harus menunjukkan rasa hormat terhadap alam dan tidak berkontribusi terhadap degradasinya. Selain itu, ekowisata dikutib dari dosengeografi.com adalah bagian dari pelestarian lingkungan, sehingga penting untuk memahami apa kebutuhan masyarakat yang bersifat lokal di daerah tersebut agar kita dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka.

Hal ini juga melibatkan belajar lebih banyak tentang sejarah kota-kota lain dan melestarikan landmark bersejarah. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak contoh ekowisata yang tersebar di banyak wilayah, diantaranya yaitu Taman Nasional Way kambas di Lampung, Raja Ampat di Papua Barat, dan lain-lain. Keberadaan ekowisata tersebut dapat memberikan beragam manfaat secara ekologi maupun ekonomi.

Contoh Ekowisata di Indonesia

Adapun untuk beberaa ekowisata yang ada di Indonesia yang mendunia, antara lain sebagai berikut;

Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan di lepas pantai Papua ini populer karena keanekaragaman hayati lautnya yang indah dan alamnya yang masih asli. Raja Ampat memiliki potensi wisata yang luar biasa. Penelitian yang dilakukan oleh Conservation International Indonesia (CII 2004) menyimpulkan bahwa laut Raja Ampat adalah salah satu daerah terumbu karang terbaik di Indonesia.

Ada sekitar 46 kawasan wisata pantai dan laut yang telah dikembangkan untuk kegiatan ekowisata laut.

Pengembangan ekowisata laut di kawasan Raja Ampat dilakukan melalui penyelaman di perairan Raja Ampat, snorkeling dan kegiatan alternatif seperti mengamati burung dan wisata budaya. Ini mengarah pada interaksi antara wisatawan dan masyarakat lokal, menghasilkan dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi masyarakat. 

Kawah Ijen, Jawa Timur

Keindahan dan keunikan Kawah Ijen sangat layak untuk Anda kunjungi. Kawah Ijen terletak di daerah Banyuwangi dan telah menerapkan konsep ekowisata. Pemerintah setempat melibatkan masyarakat setempat untuk memelihara dan mengelola kegiatan pariwisata di sekitar Gunung Ijen. Selain itu, pemerintah daerah terus mengembangkan Ijen sebagai Taman Wisata Alam.

Taman Wisata Alam Ijen adalah kawasan konservasi yang terutama digunakan untuk kepentingan wisata alam dan rekreasi. Daerah ini memiliki dua atraksi utama yaitu Blue Fire, yang hanya terlihat dua di dunia dan kedua adalah keindahan pemandangan di sekitar rute pendakian Kawah Ijen. 

Taman Nasional Gunung Leuser

Trekking di Taman Nasional Gunung Leuser juga bisa menjadi pilihan ekowisata Anda saat berlibur di Sumatera Utara. Hutan hujan tropis, hutan pantai, dataran rendah dan pegunungan yang masih terjaga dengan baik, membuat suasana segar dan sejuk.

Taman Nasional Gunung Leuser adalah taman nasional terbesar di Pulau Sumatra. Karena luasnya, taman nasional ini terletak di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Utara. Itu juga berada di daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Hutan yang subur di Gunung Berapi dengan nama Leuser telah menjadi laboratorium alami, serta cagar biosfer untuk menjaga keseimbangan ekosistem dunia.

Tidak hanya menikmati alam, wisatawan juga akan disuguhkan keunikan tanaman yang ada di Taman Nasional Gunung Leuser. Ada juga atraksi binatang dan seni budaya yang disiapkan oleh penduduk setempat. Bahkan beberapa akomodasi dan restoran di sini dimiliki oleh penduduk setempat untuk mengambil bagian dalam konsep ekowisata. 

Taman Nasional Bunaken

Bunaken adalah salah satu tujuan wisata laut bawah laut yang cukup terkenal, terletak di bagian timur Indonesia, dengan beragam populasi karang dan biota laut. Ini terkenal oleh dunia internasional terutama untuk penyelam scuba. Bunaken menjadi salah satu situs warisan dunia karena setelah pemerintah mendaftarkannya ke UNESCO pada tahun 2005.

Bunaken menawarkan banyak tempat untuk snorkeling, menyelam, dan bahkan berselancar. Ini memiliki kegiatan ekowisata lain untuk dinikmati seperti menjelajahi konservasi bakau, trekking, melihat satwa endemik dan mengunjungi desa-desa setempat.

Itulah ya, postingan yang bisa saya tulis. Berkaitan dengan macam-macam ekowisata yang ada di Indonesia dan terkenal di dunia. Semoga membantu.